KKL Tegal-Bandung ,27 Februari – 01 Maret 2019

Perdalam Ilmu Jurnalistik, Puluhan Mahasiswa PBSI Mengikuti KKL di Bandung Tv

Bandung – Sekitar 74 Mahasiswa dari orogram studi Pendidikan Bahasa Indonesia melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan di Kota Bandung dan sekitarnya hari Kamis – Sabtu (27 – 2 Maret 2019).

Kegiatan ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa semester 4. Selama KKL 2 hari di Bandung, mahasiswa mengunjungi Bandung tv, Trans Studio, obyek wisata Takuban Perahu dan Farm House

“KKL di Bandung Tv menjadi kegiatan pembelajaran praktek mata kuliah jurnalisme, saya berharap KKL menjadi bermanfaat dan menjaga nama baik universitas” ucap Lely Triana S.S M.Hum Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia ketika apel pelepasan KKL hari Rabu malam (27/2/2019).

Dari beberapa kunjungan tersebut, lokasi KKL bandung tv menjadi daya tarik bagi puluhan mahasiswa karena disini mereka bisa menyaksikan langsung acara live dan memahami proses kerja media televisi.

Di dalam studio, puluhan mahasiswa disambut baik oleh tim marketing dan public relation PT Bandung Media Televisi Indonesia.

Di sana, mereka diberikan informasi tentang awal berdiri Bandung tv yang merupakan tv berjaringan dari Bali tv.

Di samping itu, mahasiswa menyaksikan program berita lokal Tangara Pasundan secara live sekitar setengah jam. Di sini, dijelaskan tentang proses menyusun program berita dan mendapatkan berita di lapangan oleh kontributor di tiap daerah.

Program unggulan di Bandung tv yaitu otomotif dan acara jalan-jalan yaitu Mandalawangi. Karena berkonsep station tv lokal maka program berita menggunakan bahasa sunda yang mengedepankan budaya lokal.

Setelah itu, sang kameramen menjelaskan kepada puluhan mahasiswa tentang proses pengambilan gambar di studio maupun di lapangan untuk ditransfer ke ruang control room (ruang kendali siar).

Beberapa mahasiswa juga bertanya seputar berita dan diakhiri dengan mengelilingi office tour melihat proses pengerjaan video di ruang editor. (Yudit A )

Mahasiswa Berfoto di Depan Kantor Bandung TV
Kaprodi Memberikan Plakat ke Kru dari Bandung TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *