Suksesnya Kompetisi Bahasa Indonesia (KOBI) ke V

Tegal – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Tegal (HMPS PBIna UPS Tegal) telah sukses menyelenggarakan acara Kompetisi Bahasa Indonesia (KOBI) ke V pada senin, 25 februari 2019.

Acara ini diikuti oleh berbagai sekolah menengah se eks-karesidenan pekalongan. Dengan cukup banyaknya sekolah yang mendelegasikan siswa-siswinya, membuktikan bahwa acara ini cukup bergengsi dan mampu menyedot animo sekolah-sekolah menengah se eks-karesidenan pekalongan.

Ada 3 jenis lomba pada perhelatan KOBI kali ini, yaitu lomba baca puisi,  lomba cerdas cermat dan lomba pidato. Dengan pemenang lomba baca puisi Juara 1 dari SMA Negeri 2 Tegal,  Juara 2 dari SMA Negeri 1 Tegal dan Juara 3 dari SMK Negeri 1 Warureja. Kemudian lomba cerdas cermat Juara 1 dari SMA Negeri 2 Brebes, Juara 2 dari SMA Negeri 1 Tegal, dan Juara 3 dari SMA 2 Tegal serta lomba pidato Juara dari 1 SMA Negeri 1 Tegal , Juara  2 dari MAN 1 KOTA Pekalongan dan Juara 3 dari SMK Negeri 3 Kota Tegal.

Dengan mengambil tema “peran generasi milenial dalam menghadapi era disruptif 4.0 melalui literasi bahasa dan sastra”. Tema ini cukup menarik dan sangat konkret karena membuktikan sekaligus menegaskan eksistensi Bahasa Indonesia dalam ancaman bahasa asing serta era disruptif yang mengganggu jalannya aktivitas tatanan sistem lama atau bahkan menghancurkan sistem lama tersebut.

“Kompetisi Bahasa Indonesia ini menjadi salah satu program kerja utama kami dari HMPS PBIna karena menjadi implementasi perjuangan kami sebagai mahasiswa Bahasa Indonesia dalam menumbuhkan minat Berbahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan generasi millenial serta menjadi pelopor dalam mempertahankan bahasa nasional, dan bahasa persatuan ini” ujar rokhimah setyo hamdini selaku ketua panitia KOBI V

Ketua panitia juga berharap agar acara ini dapat terus diselenggarakan tiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *